OKE FIX!: REVIEW MICROSOFT WINDOWS 3.0

Selasa, 01 September 2015

REVIEW MICROSOFT WINDOWS 3.0

Sebelum kita melihat kembali bagaimana Microsoft Windows 3.0 itu. Marilah kita flash back tentang bagaimana perkembangan sejarah windows.

SEJARAH SINGKAT WINDOWS

Dimulai dari yang namanya DosShell untuk DOS 6, Microsoft
menciptakan Windows 1.0. hal ini terjadi karena adanya keingin perusahaan Microsoft untuk menyaingi Apple Macintosh yang menggunakan GUI (Graphical user interface). Untuk nama ini berasal dari kelatahan karyawan Microsoft yang menyebut nama aplikasi tersebut sebagai Program Windows (Jendela Program). Windows versi 2 adalah versi Windows pertama yang bisa diinstal program. Satu-satunya program yang bisa ditambahkan adalah Microsoft Word versi 1. Windows versi 3 menjanjikan aplikasi tambahan yang lebih banyak, kelengkapan penggunaan, kecantikan user interface atau antarmuka dan mudahnya konfigurasi. Windows versi 3.1 adalah versi Windows yang bisa mengoptimalisasi penggunaannya pada prosesor 32-bit Intel 80386 ke atas. Windows versi 3.11 adalah versi Windows terakhir sebelum era Start Menu. Windows 3.11 pun adalah versi Windows pertama yang mendukung networking/jaringan. Versi Hibrida dapat dijalankan tanpa MS-DOS. Versi Hibrida tersebut menginstalasi dirinya sendiri dengan DOS 7. Tidak seperti Windows versi 16-bit yang merupakan shell yang harus diinstalasi melalui DOS terlebih dahulu. Aplikasinya pun berbeda. Meskipun Windows 9X dapat menjalankan aplikasi Windows 16-bit, namun Windows 9X memiliki grade aplikasi sendiri - X86-32, Windows 9X sangat terkenal dengan BSOD (Blue Screen of Death).

Windows 3.0 merupakan versi ketiga dari sistem operasi berbasis  graphical user interface, Dirilis tanggal 22 Mei 1990 oleh perusahaan yang bernama Microsoft Corporation. Adapun Versi sebelumnya: 2.x  dan versi berikutnya: 3.1

FITUR UTAMA DARI WINDOWS VERSI 3.0
  • Penampilan 3-D mewah
Microsoft membuat antarmuka mereka jauh lebih menarik. Windows 3.0 telah meningkat jendela bingkai, tombol perintah dan lain-lain. Kemampuan layar warna membuatnya siap untuk bekerja mengedit foto.
  • Kemampuan untuk mengatasi memori luar 640K
Windows 3.0 dapat berjalan di bawah "real-mode" yang untuk 8086 CPU, "modus standar" yang untuk 80.286 CPU dan "disempurnakan mode" untuk 80386 CPU. Mode ditingkatkan juga dapat memungkinkan halaman swapping.
  • Manajer program shell
Tidak seperti Windows 1.0 dan Windows 2.0 yang dimulai dengan eksekutif MS-DOS, Windows 3.0 memiliki shell manajer program dapat mengelola jendela program yang kompatibel dan tentu saja program MS-DOS.
  • Ikon drag-and-drop
Pada tahun 1990, Microsoft merilis versi pendek kehidupan Windows, Windows 3.0. Itu datang dengan banyak perbaikan, tetapi juga dengan kurangnya multimedia dan fitur jaringan, yang membuat Windows 3.0 diganti dengan cepat dengan Windows 3.1 pada Agustus 1992. Peningkatan tampilan antarmuka pada Windows 3.1 adalah besar. Benar kemampuan layar warna membuatnya jauh lebih menarik dari versi awal dan juga membuatnya siap untuk mengedit foto.
  • Tiga modus Windows 3.0
Modus real untuk 8086 CPU, modus standar untuk 80.286 CPU dan ditingkatkan modus untuk 80.386 CPU sesuai tingkat yang berbeda komputer. Dirancang manajer program shell baru yang dapat mengelola kedua program Windows yang kompatibel dan MS-DOS menggantikan eksekutif MS-DOS tua. Manajer program dan manajer file memberi pengguna Macintosh seperti ikon besar untuk klik dan drag-and-drop.

Windows 3.xx dapat menjalankan banyak MS-DOS Prompt dan aplikasinya secara bersamaan, karena lingkungan DOS Virtual Machine dalam Windows 3.xx sedikit dirombak oleh Microsoft. Windows 3.xx dapat menggunakan memori di atas 640 KB (dalam DOS, range alamat memori dari 0 Byte hingga 640 kilobytes disebut dengan conventional memory, di mana semua aplikasi berjalan) sehingga para pengembang pun dapat mengembangkan aplikasi yang lebih kuat karena memiliki memori yang jauh lebih tinggi dibandingkan 640 kilobytes batasan DOS.

Salah satu penyebab populernya Windows 3.00 adalah karena Microsoft menyediakan SDK (Software Development Kit) untuk Windows 3.00, sehingga para pengembang akan lebih mudah dalam menulis dan mengembangkan aplikasinya untuk Windows. Setelah versi 3.0 diluncurkan, banyak pengembang memfokuskan untuk mendesain banyak aplikasi untuk Windows, tetapi yang paling berkembang dengan pesat adalah driver perangkat keras untuk Windows 3.00. Windows 3.00 menggunakan arsitektur Virtual Device Driver (VXD) yang dapat meminimalisasi ketergantungan setiap driver untuk perangkat keras tertentu dengan menambahkan sebuah lapisan (disebut virtual driver) antara hardware dan kernel sistem operasi.


TAMPILAN DARI MICROSOFT 3.0

Berbeda dengan interface windows pada umumnya dan kurang familiar seperti yang sering kita gunakan saat ini. Mari kita lihat beberapa tampilan Microsoft Windows 3.0
Microsoft Windows layar 3.0 booting (seperti gambar diatas)

  • Bagian VGA

Microsoft akhirnya menyadari bahwa GUI menangkap pada fungsional, manajemen jendela tidak jauh berbeda dari versi 2.x, namun mereka mengambil beberapa langkah untuk membuatnya terlihat lebih menarik. Tombol perintah dan kontrol jendela sekarang memiliki tampilan 3D. Namun 3D ini tidak meluas ke banyak kontrol jendela lainnya. Microsoft menggantikan MS-DOS Executive tua dengan Program Manager dan pendampingnya, File Manager. Manajer program memberikan pengguna Macintosh besar seperti ikon untuk mengklik, untuk memulai program. Di sisi teknis, Windows 3.0 ini mampu berjalan di 8086 "modus nyata" (640K batas), 286 "modus standar" (~ 16 batas mcg menggunakan XMS), dan 386 "ditingkatkan modus" yang juga memungkinkan halaman swapping (hard drive ruang adalah batas). Windows 3.0 adalah versi terakhir dari Windows yang akan berjalan pada 8088/8086 IBM PC yang kompatibel.

  • File Manager

File dapat dikelola relatif mudah dengan kemampuan untuk drag dan drop antara folder dan drive. Terutama, File Manager dan Program Manager mirip dengan yang disertakan dengan OS / 2 1.1 tahun sebelum peluncuran Windows 3.0
  • Control Panel

Windows 3.0 juga mencakup panel kontrol dirombak. Seperti Program Manager, panel kontrol sekarang menampilkan menggunakan ikon besar.

Windows 3.0 panel kontrol juga memungkinkan untuk mengubah latar belakang. Juga, klik ganda pada desktop dimulai program Taskman. Taskman adalah program kecil yang dapat digunakan untuk beralih tugas lebih mudah jika banyak jendela terbuka, menata ulang jendela yang terbuka, dan menata ulang ikon program diminimalkan.

  • Hypertext Bantuan

Windows 3.0 juga termasuk baru, sangat maju sistem hypertext bantuan. Sepertinya browser web. Windows 3.x bantuan file bekerja cukup baik, sayangnya Microsoft membuang format ini di Windows 95, mungkin sehingga mereka bisa kembali memperkenalkan ini gaya yang sama dari bantuan dengan Hyper Bantuan dalam Windows 98.

  • PaintBrush

Aplikasi lain baru yang disertakan dengan Windows 3.0 adalah Windows Paintbrush, pengganti program Paint Microsoft tua di 1.x dan 2.x. Program ini benar-benar menangani warna dan mendukung BMP dan .PCX format grafis.



  • Windows Solitaire

Bisa juga kita sebut dengan game kartu remi, game ini biasanya telah tersedia dalam versi-versi windows sekarang saat memulai instalasi.


  • Exit

Keluar dari Windows 3.0




Referensi:
http://toastytech.com/guis/win30.html
https://www.cs.umd.edu/hcil/muiseum/systems/win3.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Windows
https://id.wikipedia.org/wiki/Windows_3.x

Tidak ada komentar :

Posting Komentar