OKE FIX!: REVIEW INTEL CORE HASWELL

Rabu, 26 Agustus 2015

REVIEW INTEL CORE HASWELL

Sebelum membahas tentang Core i3 Haswell, disini kita akan me-Review beberapa generasi dari intel Core:

Intel ® CoreTM Generasi 1

Memiliki Kode nama Arrandale (Nama Clarksfield dipakai khusus untuk i7 dengan huruf akhiran QM & XM), rilis Q3 tahun 2009, tidak memiliki indicator
 generasi, jenis bus DMI dengan bus system 2,5 GT/s, litografi

standar 32 nm dan RAM maksimal 8 Gb.
Intel ® CoreTM Generasi 2

Memiliki kode nama Sandy Bridge, rilis Q1 tahun 2011, jenis bus DMI dengan bus system 5 GT/s, litografi standar 32 nm dan RAM maksimal 16 Gb dengan bandwidth memori maksimal 21,3 Gb/s.
Intel ® CoreTM Generasi 3

Memiliki kode nama Ivy Bridge, rilis Q2 tahun 2012, jenis bus DMI dengan bus system 5 GT/s, litografi standar 22 nm dan RAM maksimal 32 Gb dengan bandwidth memori maksimal 25,6 GB/s.

Intel ® CoreTM Generasi 4

Memiliki kode nama Haswell (Crystal Well untuk beberapa tipe prosesor i7 dengan akhiran QM) rilis Q2 tahun 2012, jenis bus DMI2 dengan bus system 5 GT/s, litografi standar 22 nm dan RAM maksimal 32 Gb (16 Gb dan sudah mendukung LPDDR3 untuk seri daya rendah) dengan bandwidth memory maksimal memory maksimal 25,6 Gb/s.

Intel ® CoreTM Generasi 5

Memiliki kode nama Broadwell, rilis tahun 2013, untuk generasi terbaru ini, intel baru meluncurkan prosessor dengan tipe ultra daya rendah, jenis bus DMI2 dengan bus system 5 GT/s. Seperti biasanya, prosesor daya rendah selalu dirancang dengan litografi yang relatif kecil, 14 nm dan didukung dengan teknologi untuk enekan TDP hingga 7,5 W. Dukungan RAM maksimal 16 Gb dan sudah mendukung LPDDR3.

Setiap tahun intel membuat prosesor baru. Perbaikan dari prosesor sebelumnya ke generasi selanjutnya. Haswell adalah prosesor generasi keempat yang memiliki seri 4000.Generasi sebelumnya yaitu ada Sandy Bridge yaitu prosesor intel generasi kedua yang memiliki seri 2000, dan Ivy Bridge adalah prosesor generasi ke 3 yang memiliki seri 3000. Dan Prosesor setelah Haswell adalah Broadwll yaitu prosesor intel generasi kelima yang memiliki seri 5000. Haswell secara resmi diumumkan tanggal 4 Juni 2013 di Computex Taipei 2013. Sementara kerja Haswell chip ditunjukkan pada tahun 2011 Intel Developer Forum. Dengan Haswell yang menggunakan proses nm 22 dan juga memperkenalkan rendah daya prosesor dirancang untuk konversi atau hybrid ultrabooks.

Motherboard Haswell menggunakan socket 1150

Ketika pemilik motherboard Sandry Bridge ingin mengganti ke Ivy Bridge cukup mengupdate bios dan prosesor walau tidak semua motherboard bias di upgrade, akan tetapi keduanya memiliki ukuran socket yang sama. Berbeda dengan Haswell, menggunakan Socket LGA 1150, sedangkan Ivy Bridge dan Sandy Bridge memakai Socket LGA 1155

Kata Tick Tock di setiap pemasaran prosessor

Tick adalah pengecilan, procesor baru dibuat lebih padat dengan nm lebih kecil. Tock adalah microprocesor baru. Ivy Bridge dikecilkan dari Sandy Bridge. Dari 32nm diturunkan ke 22nm. Haswell masih bertahan seperti Ivy Bridge, tapi dibuat sedikit lebih hemat power. Itu katanya, khususnya untuk produk procesor mobile memang membutuhkan power hemat

Haswell memiliki internal grafik lebih baik

Fitur ini yang diandalkan intel, internal VGA lebih cepat dari Ivy Bridge. Memungkinkan penggunaan internal VGA seperti VGA eksternal di computer atau notebook. Intel menawarkan Iris dan Iris Pro yang lebih cepat. Walau diprakteknya mungkin tidak sebagus promosi. Perbaikan hanya sekitar 5-10 frame perdetik untuk resolusi 1366x768 di game 3D.

Internal GPU / VGA di Haswell, paling cepat setara Nvidia GTX 8800GT atau 7600 GT atau HD 3670. Jauh dibawah kemampuan ekternal VGA.

Pemakaian baterai pada perangkat notebook.

MacBook Air dan ultrabook mampu menghemat baterai lebih baik dengan Haswell. MacBook Air yang baru mampu bertahan selama 15 jam lebih dengan power baterai. 2x lebih lama dibanding model 2012. Sony VAIO Duo 13 dengan Haswell bisa bertahan hampir 9 jam, atau 2x lebih tahan dibanding model sebelumnya.

Ada perbedaan antara Haswell dan Ivy Bridge lainnya. Haswell memiliki sirkuit internal untuk voltage regulator dan sudah menjadi bagian chip itu sendiri. Fokusnya bekerja di suhu rendah dan hemat power. Baik untuk computer tipis atau tipe All in One.

Ada beberapa hasil pengamatan performa dari Intel Core i3 Sandy Bridge, Ivy Bridge dan Haswell


Terlihat beberapa perbedaan yang terlihat yaitu:
  • Bagian speed
Intel Haswell lebih unggul walaupun dengan harga yang sama
  • Bagian grafik normal
Intel Haswell memiliki grafik normal lebih kecil dan poin tertinggi diperoleh oleh Intel Sandy Bridge
  • Bagian grafik turbo
Haswell-lah yang memiliki grafik paling tinggi di bandingkan dengan lainnya.

Untuk L3 Cache terlihat jelas Haswell memiliki ukuran yang paling besar dari Sandy Bridge maupun Evy Bridge.
  • Bagian penggunaan daya
Sandy Bridge membutuhkan penggunaan daya paling besar sedangkan generasi selanjutnya lebih hemat daya Memory Interface Sandy Bridge masih menggunakan DDR3 1333 sedangkan Ivy Bridge dan Haswell sudah menggunakan DDR3 1600.

Kesimpulan:
Intel Generasi ke-4 Haswell lebih unggul di bagian kecepatan, grafik, L3 chace, TDP dan Memori dari pendahulunya Ivy Bridge dan Sandy Bridge.

Referensi:



Tidak ada komentar :

Posting Komentar